Sabtu, 15 September 2018

Bagaimana Program Bimbingan di Perguruan Tinggi?


      Tugas-tugas perkembangan pada usia dewasa menuntut seseorang untuk lebih mandiri, dan berdisplin diri (self dicipline). Mereka dituntut untuk mampu mengembangkan sikap membina ilmu demi kemajuan bangsanya(winkel, 1991). Mereka hendaknya mampu mengembangkan kepribadiannya sesuai dengan potensi-potensi yang dimiliki dan mampu merencanakan masa depan sesuai dengan keadaan dirinya.

    Oleh sebab itu, arah program bimbingan di perguruan tinggi agak berbeda dengan program yang ada di lembaga pendidikan yang lebih rendah (sekolah). Hal ini disebabkan karena adanya hal-hal yang lebih spesifik dalam perkembangan diri mahasiswa. Pola berpikirnya sudah leabih matang dan mereka mencoba mencurahkan segala tenaga dan pikirannya untuk memecahkan berbagai masalah (ekonomi), pekerjaan tuntutan akademik, masalah perkawinan).

    Di samping itu, mahasiswa juga dituntut untuk menyesuaikan diri dengan pola kehidupankampus lebih menekankan kepada aspek akademik, seperti cara belajar mandiri, cara mengatur waktu, menimbulkan motivasi belajar, memilih program studi dan menjalin hubungan sosial. Masalah-masalah di luar kampus yang mungkin timbul adalah masalah biaya pendidikan, fasilitas belajar, tempat tinggal, makanan yang bergizi, dan sebagainya.

    Efektivitas dan efisiensi program bimbingan dapat terwujud bila diarahkan kepada masalah-masalah sebagaimana digambarkan di atas. Oleh sebab itu, program bimbingan di perguruan tinggi hendaknya berorientasi kepada:
1.       Bimbingan belajar di perguruan tinggi atau bimbingan yang bersifat akademik.
2.       Hubungan sosial dan hubungan muda-mudi.

Sumber: “Profesi Keguruan” oleh Prof. Soetjipto, & Drs. Raflis Kosasi, M.Sc.

1 Comments:

  1. Kamu sudah tau sekarang menonton film drama korea bisa di download di Googleplay, MYDRAKOR pilihan terbaik menonton film drama korea. MYDRAKOR banyak pilihan film baru.


    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus